Selasa, 18 Februari 2020

Harga Daging Ayam Disebut Mulai Turun Ini Datanya Dari 6 Pulau

Bandung - Beberapa masyarakat di Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berusaha meningkatkan peternakan kerbau yang dipandang berpotensi memberikan keuntungan.

Saat ini yang kami kerjakan bersama dengan masyarakat percepat perkembangbiakan kerbau, sebab kerbau mempunyai nilai jual yang sama juga dengan sapi, kata Kepala Desa Pancasura Saepulloh A Ridho pada wartawan di Garut, Senin, 5 Juni 2017.

Dia menjelaskan masyarakatnya banyak yang pelihara kerbau dengan tradisionil serta belum pada pekerjaan langkah komersial yang memberi keuntungan dalam penjualan kerbau.

BACA : Bibit Ayam Jawa Super Banten

Menurutnya, masyarakat masih minim pengetahuan mengenai pengembang biakan kerbau yang benar serta langkah penjualannya ke pasar.

Dari ketidaktahuan itu kami menerangkan jika kerbau dapat jadi swasembada pangan yang sama dengan sapi, serta dapat memberikan keuntungan, tuturnya.

Masalah warga itu, katanya, jadi tanggung jawab desa untuk berusaha menggerakkan kekuatan peternakan kerbau di desanya dengan minta perhatian dari Pemerintah Kabupaten Garut.

Pemda lewat Dinas Perikanan serta Peternakan Garut, kata Saepulloh, pada akhirnya hadir ke Desa Pancasura untuk menolong warga meningkatkan peternakan kerbau berikut memberi langkah penyuntikan hormon serta inseminasi bikinan (IB) atau kawin suntik.

Sesudah mendapatkan keterangan dari faksi Dinas Perikanan serta Peternakan, kami ketahui bagaimana kerbau dapat cepat beranak dengan penyuntikan hormon serta IB, tuturnya.

Dia mengharap perhatian pemda pada masyarakatnya itu bisa menumbuh bangun kekuatan perekonomian desa di bidang peternakan kerbau.

Kami mengharap masyarakat dapat manfaatkan kerbau peliharaannya dengan optimal, tuturnya.

Kepala Seksi Produksi Bagian Peternakan, Dinas Perikanan serta Peternakan Kabupaten Garut, Iwan Aryanto menjelaskan, sudah lakukan penyuntikan hormon serta IB pada hewan ternak kerbau di Desa Pancasura.

Menurutnya, wilayah itu berpotensi sumber daya alam yang bagus untuk pengembangbiakan kerbau, tapi sejauh ini warga belum menjalankannya dengan optimal.

Untuk memaksimalkannya, karena itu kami bekerja bersama dengan pemerintah desa lakukan penyuntikan hormon serta IB, dengan itu kerbau dapat bertumbuh biak bertambah cepat, tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar